PT PP Bangun Sirkuit Mandalika Ajang Balap Kelas Dunia di Lombok NTB

PT PP Bangun Sirkuit Mandalika Ajang Balap Kelas Dunia di Lombok NTB

Bumncare, Senin (15/11/2021) – PT PP (Persero) Tbk, kembali memberikan prestasi terbaik di Indonesia dengan pembangunan Sirkuit Mandalika yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (“KEK”) Mandalika, Kabupaten Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Sirkuit Mandalika tersebut diresmikan penggunaan nya langsung oleh Presiden Indinesia Joko Widodo ditandai secara simbolis dengan penandatanganan prasasti.

Dalam acara peresmian Sirkuit Mandalika yang dilaksanakan pada hari ini Jumat (12/11) turut dihadiri oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Perdagangan M. Luthfi, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dan Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono,

Hadir juga Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah, Direktur Utama PTPP Novel Arsyad, Direktur Operasi Bidang Infrastruktur PTPP Yul Ari Pramuraharjo, Direktur Utama PT ITDC Abdulbar M. Mansoer, dan para pejabat lainnya.

Sebelum melaksanakan peresmian Pertama ” Mandalika International Street Circuit ” Presiden Joko Widodo bersama 4 (empat) pembalap Indonesia di ajang Idemitsu Asia Talent Cup menjajal lintasan utama dengan mengendarai motor balap RI 1.

Setelah diresmikankannya Sirkuit Mandalika yang telah PT PP yang dibangun oleh salah satu kontraktor terbesar di Indonesia, sirkuit ini siap digunakan untuk perlobaan balap motor kelas dunia, salah satunya ajang World Superbike (“WSBK”) yang akan digelar pada tanggal 19-21 November mendatang.

Keberhasilan tersebut membuat PTPP sangat bangga dapat berkontribusi dalam pembangunan Sirkuit Mandalika dimana perusahaan dapat menyelesaikan pembangunan konstruksi lintasan utama sirkuit tersebut tepat waktu sesuai dengan standar mutu internasional dari Federation Internationale de Motorcyclisme (“FIM”) dengan kategori sirkuit kelas A yang biasa digunakan dalam event grand prix.

Pengaspalan pun menerapkan campuran aspal khusus terbaik di dunia yang biasa digunakan untuk sirkuit balap, yaitu Stone Mastic Asphalt (“SMA”), dimana pada saat ini hanya digunakan di 4 (empat) sirkuit saja, salah satunya Sirkuit Mandalika.

Di sela acara peresmian tersebut, Novel Arsyad selaku Direktur Utama PT PP mengutarakan kepada media, bahwa dengan adanya pembangunan Sirkuit Mandalika ini, PTPP turut berkontribusi positip dalam meningkatkan perekonomian di Indonesia khusus di daerah Lombok.

Dimana dengan kehadiran sirkuit balap tersebut tentunya akan meningkatkan daya tarik para wisatawan asing maupun domestic untuk datang ke Lombok. Tingginya minat para wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut tentunya akan berdampak besar bagi beberapa sektor, seperti meningkatkan pemasukan hotel atau penginapan dan menggairahkan area komersial & restaurant.

Tidak hanya itu, dengan tingginya minat berkunjung para wisatawan ke daerah Lombok tentunya akan meningkatkan pemasukan perusahaan transportasi baik darat, laut, maupun udara.

Berkat kualitas yang dihasilkan dalam pembangunannya, proyek Sirkuit Mandalika ini memperoleh 3 (tiga) rekor penghargaan dari MURI, yaitu: Pengaspalan Menggunakan Teknologi BIM dengan Volume Terbanyak, Pembangunan Sirkuit Pertama Standar FIM, dan Pembangunan Lintasan Sirkuit Tercepat. Lintasan sirkuit yang dibangun oleh PTPP ini merupakan sirkuit Moto GP pertama di Indonesia yang memiliki hasil pengaspalan termulus berkat teknologi yang digunakan dalam pembangunannya.

Sebagai perusahaan BUMN yang bergerak dibidang konstruksi, PTPP terus memberikan legacy terbaik baik bangsa Indonesia dengan tidak hanya sekedar membangun sirkuit biasa tetapi juga sirkuit yang dapat memberikan dampak maksimal terhadap Indonesia.

PTPP sangat bangga dapat berkontribusi besar dalam pembangunan sirkuit ini dimana berkat kualitas yang dihasilkan dalam pembangunannya, Sirkuit Mandalika yang berlokasi di Indonesia akan semakin dikenal luas oleh negara-negara asing. PTPP berharap kehadiran Sirkuit Mandalika akan menarik minat dan perhatian para pembalap dunia untuk mencoba sirkuit balap terbaik yang ada di Indonesia saat ini.

“Sirkuit Mandalika dengan panjang sirkuit 4,3 kilometer, dengan teknologi aspal terbaru, stone mastic asphalt (SMA), juga telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan. Semuanya siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan event-event kelas dunia di Kawasan Mandalika ini seperti yang sebentar lagi akan diselenggarakan yaitu World Superbike 2021 dan dilanjutkan nantinya di bulan Maret 2022 dengan MotoGP,” jelas Presiden dalam sambutannya.

Presiden juga mengingatkan agar pelaksanaan ajang-ajang internasional di Sirkuit Mandalika tetap memerhatikan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19.

“Sekali lagi, protokol kesehatan ketat dan saya sudah memerintahkan untuk juga didampingi oleh Satgas sehingga tata kelola setiap event itu terus dijaga protokol kesehatannya.

Kepala Negara berharap Sirkuit Mandalika juga dapat memunculkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Provinsi NTB. Presiden meyakini perhelatan akbar internasional seperti World Superbike dan MotoGP akan memberi dampak signifikan bagi pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Saya kira ini sebuah perhelatan besar yang setiap tahun terus akan diadakan di Sirkuit Mandalika dan itu dipastikan akan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi di Provinsi NTB,” ungkapnya.

“Kami sangat bangga dengan kualitas pekerjaan yang dihasilkan oleh Tim Proyek serta mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah karena telah dipercaya untuk membangun lintasan utama Sirkuit Mandalika yang akan digunakan dalam berbagai ajang perhelatan kelas dunia,” ujar Novel Arsyad kepaa media beberapa waktu lalu.

Sebagai perusahaan BUMN yang bergerak di sektor konstruksi, kami akan terus meningkatkan kualitas hasil pekerjaan kami dan senantiasa akan terus berinovasi dalam melaksanakan pembangunan proyek di Indonesia.

“Kami berharap, penyelenggaraan kegiatan WSBK yang akan diselenggarakan pada tanggal 19-21 November mendatang akan berjalan sukses dan menarik minat para wisatawan baik domestic maupun internasional sehingga kedepannya dapat membantu meningkatkan perekonomian Indonesia,” ujar Novel Arsyad.


( Agus Irawan/ Erick )

One thought on “PT PP Bangun Sirkuit Mandalika Ajang Balap Kelas Dunia di Lombok NTB

Leave a Reply

Your email address will not be published.