Tingkatkan Kualitas Layanan Masyarakat, Pos Indonesia Luncurkan POSPAY

Tingkatkan Kualitas Layanan Masyarakat, Pos Indonesia Luncurkan POSPAY

Jakarta, BUMNCARE,Rabu (14/4/2021) – PT Pos Indonesia (Persero) terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. Dalam rangka memberikan kemudahan dan fasilitas layanan transaksi keuangan, Pos Indonesia meluncurkan layanan POSPAY, sebuah platform/channel digital berbasis rekening Giropos yang diberikan kepada pemilik rekening Giropos sehingga dapat mengakses layanan Giropos, transaksi keuangan maupun layanan Pos Indonesia lainnya secara mobile.

Layanan ini memberikan kemudahan dan fasilitas layanan transaksi keuangan lengkap secara ‘mobile’ yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

Grand Launching POSPAY diselenggarakan melalui live streaming secara nasional pada Selasa, 13 April 2021 di Jakarta. Bertepatan dengan tanggal 1 Ramadhan 1442 Hijriyah, sehingga dalam kesempatan tersebut juga dilakukan peluncuran Program “Ramadan BerkaH” (Ramadan Berkali-kali Hadiah) yang akan berlangsung dari tanggal 6 April 2021 s.d. 30 Juni 2021.

Dalam keterangan tertulis, Rabu (14/4/2021) program “Ramadan BerkaH” merupakan sebuah program promosi berhadiah yang diselenggarakan selama bulan Ramadhan, baik secara offline di beberapa mall dan profit center perusahaan maupun secara online.

Pada kesempatan Grand Launching juga diperkenalkan fitur-fitur baru POSPAY, berupa fitur Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) di POSPAY untuk pembayaran/ pembelian via merchant/micro payment dengan berbasis rekening Giropos, baik untuk layanan keuangan maupun layan kurir dan logistik dan Point Reward serta Mobile application POSPAY yang menjadi pilihan utama layanan keuangan non perbankan dan jasa keuangan.

Sebagai informasi, POSPAY merupakan product evolusi dari layanan Giropos yang sudah lama dimiliki Pos Indonesia. Layanan POSPAY ini memberikan kemudahan dan fasilitas layanan transaksi keuangan Pos Indonesia yang lengkap secara ‘mobile’ yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja seperti:

Layanan billing payment: pembayaran berbagai tagihan (listrik pascabayar, telepon (rumah dan HP pascabayar), PDAM, cicilan motor, mobil, BPJS), pembelian pulsa telco, listrik prabayar/token, dan masih banyak lagi billing payment lainnya.

Pengiriman uang melalui layanan Weselpos Instan, yaitu kirim uang secara real time sampai di Kantorpos tujuan;

Pengelolaan keuangan melalui layanan Giropos: menyimpan dana di rekening Giropos secara mudah, aman dan nyaman;

Fitur scan QRIS untuk pembayaran/pembelian via merchant/micro payment dengan berbasis rekening Giropos, baik untuk layanan keuangan maupun kurir dan logistik;
Perencanaan keuangan, dan lain-lain.

POSPAY melengkapi jaringan dan titik layanan (Point of Sales) PT Pos Indonesia (Persero) yang sudah tersedia sebelumnya dalam bentuk Kantorpos, Agenpos, Mobile Postal Service (MPS) di seluruh Indonesia.

Kini POSPAY tersedia di App Store dan Google Play. Bagi pengguna Pos Giro Mobile, Pengguna tidak perlu migrasi karena aplikasi secara otomatis update menjadi POSPAY. Kini POSPAY tersedia di App Store dan Google Play.

Sedangkan Quick Response Code Indonesian Standard atau biasa disingkat QRIS (dibaca KRIS) adalah penyatuan berbagai macam QR dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) menggunakan QR Code. QRIS dikembangkan oleh industri sistem pembayaran bersama dengan Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code lebih mudah, cepat, dan terjamin keamanannya. Fitur QRIS ada di aplikasi POSPAY.

Kegunaan QRIS di aplikasi POSPAY untuk memudahkan pembayaran/pembelian via merchant/micro payment dengan menggunakan aplikasi POSPAY berbasis rekening Giropos, baik untuk layanan keuangan maupun kurir dan logistik.

Sementara itu, untuk Program “Ramadan BerkaH” dengan tagline “Pakai berkali-kali, untung berulang kali” merupakan program customer loyalty yang diselenggarakan oleh Pos Indonesia untuk mengapresiasi pengguna layanan keuangan Pos Indonesia dalam bentuk point yang dapat ditukar dengan hadiah langsung. Kupon undian berhadiah yang akan diundi pada akhir periode atau digunakan untuk transaksi di aplikasi POSPAY.

Dalam program point reward tersebut, transaksi yang mendapatkan point meliputi : Transaksi di loket Kantorpos yakni Billing payment, Remittance Dalam Negeri (Weselpos Instan dan Prima Kirim), Remittance Luar Negeri (Inbound dan Outbound); Transaksi layanan keuangan pada aplikasi POSPAY; Instalasi, registrasi, aktivasi rekening Giropos pada aplikasi POSPAY; Referral aplikasi POSPAY.

Point tersebut dapat diperoleh dengan cara:
User yang melakukan instalasi, registrasi, aktivasi rekening Giropos pada aplikasi POSPAY, dan melakukan top up saldo minimal Rp20.000,- akan mendapatkan 10 ribu point.

User yang membagikan kode referral kepada calon user POSPAY baru yang melakukan instalasi, registrasi, aktivasi rekening Giropos pada aplikasi POSPAY, dan melakukan top up saldo minimal Rp30.000,- akan mendapatkan 20 ribu point.

Transaksi jasa keuangan melalui loket Kantorpos atau melalui aplikasi POSPAY berdasarkan nilai transaksi.

( Agus Irawan )

Leave a Reply

Your email address will not be published.